Senin, 01 Februari 2016

SISTEM KARDIOVASKULER (Page1)

Baik guys, kali ini saya akan share tentang sistem kardiovaskuler. Sistem ini merupakan sebuah sistem yang memiliki posisi paling penting yang harus kita ketahui meskipun kita bukan sebagai orang kesehatan. Apalagi kalau orang kesehatan ya harus paham. Bagi orang kesehatan diharapkan selain kita mengaerti dan tau apa yang harus dilakukan kita sesuai dengan keilmuan kita, kita juga diharapkan mampu memberikan edukasi bagi orang lain sehingga orang lain dapat menggunakan hidupnya secara lebih baik dan berkualitas sesuai dengan kemampuannya. Dan bagi orang non medis, diharapkan setidaknya tahu bagaimana fungsi dari sistem kardiovaskuler sehingga tahu apa dan bagaimana agar kesehatannya lebih baik.

Yooo,.. langsung saja silahkan dinikmati hidangan materinya tentang sistem kardiovaskuler berikut ini..

A. Definisi 
Sesuai dengan namanya Kardio vaskuler itu sendiri, kardio yaitu jantung dan vaskuler yaitu peredaran darah. Sehingga dapat diiartikan bahwa sistem kardiovaskuler adalah sebuah sistem yang berperan dalam proses peredaran darah. 

Satuan terkecil struktur hidup dalam tubuh kita adalah sel. Untuk hidup sel membutuhkan makanan, nutrisi dan oksigen. Dan semua itu disebarkan keseluruh tubuh oleh darah melalui saluran darah. Sehingga peran sistem kardio vaskular sangat penting sekali untu menjaga semua kebutuhan setiap sel untu kelalu terpenuhi kebutuhannya. 

B. Fungsi 

1. Mengedarkan oksigen keseluruh tubuh 
Oksigen sangat penting untuk pembuatan energi setiap sel. Tanpa energi sel tidak akan bisa melakukan fungsinya, sehingga akan menyebabkan masalah pada tubuh kita. Pada dasarnya oksigen diperoleh melalui udara yang masuk melalui sistem pernafasan dan oksigen bertukar dengan gas sisa dari tubuh yang disebut karbondioksida didalam rongga paru. Setelah itu tugas sistem kardio vaskular untu menyebarkannya seluruh tubuh. 

2. Membawa dan mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh 
Sama halnya dengan oksigen, nutrisi dibawa oleh darah mengalir ke seluruh tubuh yang akhirnya akan sampai kepada sel yang membutuhkan dan kemudian diubah menjadi energi. Nutrisi yang ada pada darah berasal dari proses penyerapan makanan pada saluran cerna dan dibawa mengalir melalui pembuluh darah yang menuju sel-sel tubuh. 

C. Organ sistem kardiovaskular 
Pada level 1 ini hanya akan menyebutan runtutan organ yang berperan dalam fisiologi (alur) dari prinsip kerja sederhana kardiovaskular. Adapun secara sederhana organ kardoovaskular secara garis besar terbagi menjadi beberapa bagian: 

1. Jantung 
  a. Rongga jantung: 
    1) Atrium 
        - Atrium dextra 
        - Atrium sinistra 
    2) Ventrikel 
        - Ventrikel dextra 
        - Ventrikel sinistra 
  b. Katup jantung: 
    1) Katup atrioventrikular 
        - Katup trikupsid 
        - Katup bikupsid 
    2) Katup semilunar 
        - Katup pulmonal 
        - Katup aorta 

2. Pembuluh darah 
  a. Arteri 
    1) Aorta 
    2) Arteri 
    3) Arteriol 
  b. Kafiler 
  c. Vena 
    1) Vena cava superior dan inferior 
    2) vena 
    3) Venol 
  b. Vena 

3. Darah 
  a. Sel darah 

  b. Plasma darah 

Baik untuk penjelasan setiap dari organ secara lebih jelas silahhkan dilanjut pada halaman selanjutnya.

1 komentar:

  1. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    Well over 160000 men and women are hacking their diet with a simple and SECRET "water hack" to drop 2lbs each and every night in their sleep.

    It's effective and works all the time.

    This is how to do it yourself:

    1) Hold a glass and fill it up with water half full

    2) Proceed to use this awesome HACK

    and become 2lbs skinnier as soon as tomorrow!

    BalasHapus