Senin, 01 Februari 2016

SISTEM KARDIOVASKULER (Page 3)

E. Fisiologi sirkulasi darah

Pada dasarnya cairan tubuh termasuk darah didalamnya mengalami sirkulasi (perputaran) dalam sistem kardiovaskuler secara terus menerus. Darimanapun kita memulai alur perputaran dari sirkulasi tersebut, darah pasti akan kembali pada tempat kita memulai penjelasan sirkulasinya.

Darah pertama masuk dari vena cava inferior yang membawa darah yang kaya akan CO2 dari tubuh bagian bawah dan  vena cava superior yang membawa darah kaya CO2 dari tubuh bagian atas yang kemudian masuk ke atrium kanan (dextra). Dari atrium dextra darah mengalir masuk ke ventrikel dextra melalui katup tricupsid. Setelah itu darah yang masuk ke ventrikel dextra dipompakan menuju arteri pulmonal yang melewati katup pulmonal. Arteri pulmonal ini membawa darah dari jantung menuju paru-paru dan kemudian di paru-paru kandungan CO2 di dalam darah mengalami proses pendauran yang disebut difusi (proses pertukaran zat). Proses difusi merupakan proses pertukaean gas antara CO2 (karbondioksida) dan O2 (oksigen) didalam rongga paru (alveoli).

Setelah CO2 didaur ulang dengan O2, di paru-paru, darah kemudian dibawa kembali menuju jantung oleh vena pulmonal yang kemudian masuk ke atrium kiri (sinistra). Dari atrim sinistra kemudian darah mengalit ke ventrikel sinistra melalui katup bicupsid. Setelah itu darah yang kaya oksigen tersebut dipompa dari ventrikel sinistra ke seluruh tubuh melewati arteri terbesar yang disebut aorta melewati katip aorta.

Darah yang dipompa ke aorta kemudian akan didorong dan mengalir melewati arteri yang kemudian percabangan arteri tersebut akan terus bercabang memasuki semua organ dan bagian tubuh. Arteri akan terus mengecil dan sampai pada ujung terkecil yang disebut arteriol. Arteriol menjadi saluran pendek terakhir dari arteri yang kemudian menjadi kapiler. Kapiler adalah pembuluh darah terkecil dan yertipis. Hal tersebut memungkinkan terjadinya pertukaran antara oksigen dalam darah dan karbondioksida dari sel tubuh begitupula nutrisi dan zat lain yang dibituhkan yang dibawa oleh darah.
Setelah darah melewati kapiler, secara komposisi (kandungan) darah mengalami perubahan. Setelah darah melewati kapiler, secara kandungan membawa CO2 dan limbah hasil dari metabolisme tubuh. Darah tersebut masuk menuju fenol yang merupakan saluran terkecil vena. Dari venol darah mengalir menuju vena yang tersebar di seluruh tubuh dan pada umumnya dapat dilihat berwarna hijau atau biru pada orang yang memiliki lapisan kulit dengan lemak yang tipis.


Vena yang tersebar di seluruh jaringan tubuh akan bersatu membentuk saluran-saluran yang lebih besar dan kemudian menjadi dua saluran vena utama yang membawa darah dari bagian tubuh bawah dan atas yang disebut vena cava inferior dan vena cava superior. Dua vena tersebut kemudian masuk kedalam rongga atrium pada jantung seperti yang telah dibahas diatas. Sirkulasi tersebut akan terus berjalan seperti itu selama manusia hidup.


Oke guys cukup sekian, maaf bila tidak menyertakan sumbernya. akan tetapi kalo saya tuliskan sumbernya pastinya sumber yang saya baca tidak akan mengecewakan. Karena saya menggunakan buku fisiologi kedokteran dan buku anatomi untuk paramedis. Saya sengaja tidak mencantumkan daftar pustakan dan mengubahnya menjadi pembahasan yang lebih sederhana agar teman-teman bukan tertarik dengan artikel ini karena faktor tugas tanpa memperhatikan keinginan untuk bisa. Jadi secara atidak langsung saya ingin mengatakan pelajari ini bukan karena fator tugas....!!! Tapi pelajari materi ini karena kalian ingin bisa...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar