Minggu, 31 Januari 2016

Sistem Pencernaan Dasar 1

A.  Pengertian
Sistem pencernaan adalah sebuah sistem yang terdiri dari organ utama yang berbentuk saluran yang berfungsi sebagai alat pengolahan makanan yang diawali masuknya makanan sampai dengan dibuangnya zat sisa yang tidak dibutuhkan. Saluran ini bertugas menerima makanan dan mengolahnya sampai makanan yang kita makan siap untuk diambil sari-sari atau nutrisi yang diperlukan didalamnya bisa diserap kedalam tubuh. Makanan yang kita makan inilah yang akan menjadi sumber nutrisi dan energi kita untuk bisa menjalani kehidupan sehari-hari.

B.  Fungsi
Dari cara kerja sistem pencernaan ini tentu kita sudah dapat mendeskripsikan fungsi dari sistem pencernaan ini yang diantaranya:

a.  Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.
Dalam keadaan normal, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seluruhnya didapatkan dari saluran pencernaan yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Akan tetapi, meskipun tugas sistem pencernaan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sistem ini tidak dapat memilih nutrisi yang sedang dibutuhkan oleh tubuh dan yang tidak sedang dibutuhkan tubuh. Sistem pencernaan mengambil zat sari makanan yang pada umumnya bisa di serap oleh organ tersebut meskipun zat tersebut tidak sedang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga kita harus pandai memilih makanan yang sekiranya baik atau dibutuhkan tubuh dan tidak menimbulkan kelebihan atau kekurangan zat tertentu.

b.  Memenuhi cairan dalam tubuh
Cairan yang ada dalam tubuh baik itu yang ada pada darah ataupun sel yang membuat kita tampak terlihat lembab dan segar dalam keadaan normal diperoleh dari saluran pencernaan. Sama halnya nutrisi, cairan yang ada dalam makanan akan diserap melalui. saluran pencernaan yang akan menambah jumlah cairan pelarut darah dan akan disebarkan keseluruh tubuh. Kelebihan dari cairan yang kita minum tidak akan menimbulkan efek buruk karena kelebihan itu akan dibuang melalui penyaringan darah pada ginjal yang menghasilkan cairan urin.

C.  Organ pada sistem pencernaan
Pada pembahasan level 1 ini kita hanya akan membahas saluran penceraan secara garis besar berikut fungsinya.



  a.  Saluran pencernaan diantaranya:
    1.  Oris (mulut)
    2.  Faring (tekak)
    3.  Esofagus (kerongkongan)
    4.  Ventrikulus (lambung)
    5.  Intestinum minor (usus halus):
        a)  Duodenum (usus 12 jari)
        b)  Jejenum
        c)  Ileum
    6.  Intestinum minor (usus besar)
        a)  Kolon asenden
        b)  Kolon transversum
        c)  Kolon desenden
        d)  Kolon sigmoid
    7.  Rektum

    8.  Spingter ani (anus)

  b.  Proses yang terjadi dalam sistem pencernaan diantaranya:
    1.  Ingesti (masuknya makanan)
    2.  Mastikasi (pengunyahan)
    3.  Deglutisi (penelanan)
    4.  Digesti (pengolahan dalam lambung)
    5.  Absorpsi (penyerapan)
    6.  Reabsorpsi (penyerapan kembali)
    7.  Devekasi/ekskresi (pembuangan zat sisa)

Dalam setiap organ yang disebutkan diatas terjadi setiap roses-pencernaan seperti yang disebutkan pula diatas berdasarkan fungsi masing-masing saluran pencernaan tersebut. Adapun untuk gambaran proses yang terjadi dalam setiap organ bisa dilihat pada gambar 1.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar